FAQ

Apakah Program ini self-funded atau fully-funded?
Program ini self-funded, siswa membayar sendiri biaya Program.

Apakah Program YFU Indonesia memberikan beasiswa?
Untuk saat ini YFU Indonesia hanya baru dapat memberikan beasiswa untuk Secondary School –Year Programs ke negara Jerman, bekerja sama dengan Goethe Institute, yaitu  beasiswa “Schools: Partners for the Future”(PASCH). Untuk mendapatkan beasiswa, siswa bersekolah di sekolah mitra Goethe Institute di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang PASCH dan sekolah mitra Goethe Institut di Indonesia, silahkan melihat bagian Program di website YFU Indonesia, PASCH dan Goethe-Institut.

Apa saja Program YFU Indonesia?
Saat ini YFU Indonesia memiliki 2 Program yaitu Secondary School – Year Programs, yaitu Program tinggal bersama keluarga angkat (host family) dan sekolah di sekolah setingkat SMA negeri selama satu tahun ajaran di negara tujuan dan Summer Programs, yaitu Program tinggal di keluarga angkat dan mengikuti berbagai kegiatan di negara tujuan dalam jangka waktu beberapa minggu atau beberapa bulan. 

Berapa biaya Program?
Biaya Program berbeda-beda ke setiap negara tujuan, besarnya berkisar USD 11,900 – USD 14, 750.

Bagaimana cara pembayaran bila mengikuti Program ini?
Pembayaran Program dicicil 4 kali sejak mulai siswa dinyatakan lulus tes seleksi oleh YFU Indonesia sampai sebelum siswa berangkat.

Apakah siswa mendapatkan asuransi selama Program?
Ya, siswa memiliki asuransi selama Program. Asuransi tersebut adalah Dr. Walter Insurance, yang menanggung basic health insurance dan private liability. Asuransi ini tidak menanggung tindakan medis yang berkaitan dengan mata, gigi, psikologi, gizi makanan dan asuransi khusus/tertentu yang dibutuhkan siswa. Biaya asuransi sudah termasuk dalam biaya Program.

Kapankah waktu pemberangkatan dan berakhirnya program ini?
Tanggal keberangkatan berbeda-beda, tergantung pada waktu dimulainya Program di negara tujuan. Pada umumnya siswa berangkat pada bulan Agustus.

Apakah siswa masih sempat untuk mengikuti UAN setelah selesai Program?
Siswa tidak sempat mengikuti UAN karena Program berakhir pada bulan Juni setiap tahunnya jadi jadwal kepulangan siswa dari negara tujuan ke Indonesia adalah pada bulan Juni.

Bagaimana pengurusan visa ke negara tujuan?
YFU Indonesia akan memberikan dokumen-dokumen yang diperlukan dan membimbing siswa untuk pengurusan visa ke negara tujuan.